Selasa, 09 November 2010

Cara Meraih Medali Emas di Setiap Kejuaraan

Oleh: Rihan Musadik

Banyak jalan menuju ke roma, begitulah pepatah populer yang sering kita dengar. Dalam hal ini, kita dapat mengartikan bahwa memang sebenarnya banyak cara dan upaya yang dapat kita lakukan untuk meraih atau menuju sesuatu yang kita dambakan. Khususnya bagi seorang atlet, tentunya sangat mendambakan untuk meraih prestasi setinggi-tingginya, yaitu meraih medali emas (Juara I) baik di tingkat provinsi, nasional, bahkan hingga ke tingkat dunia.

Nah, berkaitan dengan itu semua, berikut ini sebuah tulisan yang membahas bagaimana caranya meraih sebuah kemenangan, khususnya bagi seorang atlet untuk meraih medali emas di setiap kejuaraan, dimana cara-cara berikut berdasarkan pengalaman-pengalaman dari para juara dan referensi dari berbagai sumber.

Salah satu hal yang sangat penting yang harus dimiliki oleh seorang atlet adalah semangat juang yang tinggi. Karena bagi seseorang yang ingin mencapai keberhasilan, memilki semangat, kemauan dan daya juang yang tinggi merupakan hal yang tidak bisa ditawar. Sebab, tanpa adanya semangat yang tinggi seseorang tidak akan bisa mencapai cita-citanya, tetapi dengan semangat juang yang tinggi seseorang akan berusaha keras, memiliki komitmen, dan kepercayaan untuk menjadi seorang juara.

Di samping itu, seseorang yang memiliki semangat dan kemauan yang kuat, ia tidak mudah putus asa, tidak gampang menyerah. Ia justru menganggap bahwa kegagalan adalah batu loncatan untuk meraih kesuksesan, baginya kegagalan adalah sukses yang tertunda. Sehingga ketika seorang atlet kalah ia tidak frustasi, yang ia lakukan justru bangkit dan terus mencoba sembari mengoreksi kekalahannya hingga meraih kemenangan. Hal ini seperti apa yang dikatakan Abraham Lincoln bahwa tidak penting berapa kali anda gagal, yang penting berapa kali anda bangkit.

Tentunya sebelum pertandingan dilaksanakan, jauh-jauh hari seorang atlet harus rajin berlatih dengan rutin sesuai manajemen yang diatur pelatih. Baik itu latihan fisik, latihan teknik ataupun latihan ketahanan harus dipatuhi dan dilaksanakan dengan baik. Kemudian atlet juga harus terbuka dalam menerima masukan-masukan dari berbagai pihak, entah itu dari teman satu tim, saudara apalagi orangtua kita, agar seorang atlet dapat mengintrospeksi dirinya ke arah yang lebih baik.

Cara berikutnya adalah dengan melakukan visualisasi secara teratur. Ada sebuah penelitian yang mengatakan bahwa hampir semua atlet kelas dunia dan orang-orang sukses adalah mereka yang melakukan visualisasi secara teratur. Mereka telah melihat, merasakan serta mengalami sebelum mereka meraih keberhasilannya. Itulah manfaat dari visualisasi yang bila dilakukan secara teratur akan bermanfaat besar dalam meraih suatu keberhasilan. Lalu jangan lupa berdoa kepada Tuhan, memohon doa restu kepada kedua orang tua. Karena hanya Tuhanlah penentu segala sesuatu, hanya Tuhanlah yang bisa mewujudkan keinginan, harapan, dan cita-cita kita.

Selanjutnya yang terakhir pada saat kita bertanding, ada beberapa tips yang harus kita lakukan untuk meraih sebuah kemenangan. Tips berikut ini berdasarkan pengalaman dari seorang atlet yang pernah memenangkan berbagai kejuaraan, yaitu: kita harus berusaha mengendalikan rasa takut, harus yakin dan percaya diri, jangan pernah meremehkan lawan kita, patuhi apa yang dikatakan pelatih kita, tidak boleh sombong atau angkuh, kondisi fisik atau tubuh harus sehat dan fit, semangat yang tinggi dalam bertanding. Kemudian yang terakhir, untuk menjadi seorang juara, kita bisa menggunakan semboyannya Napoleon Bonaparte yang sangat terkenal, yaitu vini, vidi, vici yang artinya aku datang, aku lihat, aku menang.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar