Jumat, 31 Oktober 2014

Aku Bertanya, Al-Qur'an Menjawab

Oleh: Al-Faqir Rihan Musadik 

Surah An-Naba’ adalah surat pertama di juz 30 dalam Al-Qur’an, kalau kita baca di terjemahan, An-Naba’ artinya berita besar. Berita tentang apa? Ialah berita tentang hari akhir atau hari kiamat. Pada ayat pertama, Al-Qur’an menggunakan sebuah pertanyaan, “Tentang apakah mereka saling bertanya-tanya?” Ayat pertama ini mengajarkan kepada para pembacanya untuk mencari tahu, untuk bertanya, mencari kejelasan, sebenarnya apa yang sedang menjadi perbincangan orang-orang di masa Rasulullah shallallahu‘alaihi wasallam. Kalau boleh penulis maknai, kita diajarkan untuk mengetahui trending topic yang sedang berkembang di masyarakat.

Sebuah pertanyaan akan menjadi jalan suatu pengetahuan, dari pertanyaan inilah proses berpikir, proses pencarian, penelitian, inquiry akan mulai berproses. Pertanyaan juga merupakan salah satu titik awal dalam berfilsafat. Pemikiran-pemikiran besar tidak sedikit yang dimulai dengan pertanyaan, kemudian muncul pertanyaan-pertanyaan lain, dan seterusnya. Karena memang tabiat manusia yang selalu ingin mencari tahu atas suatu hal. Akan tetapi, yang menjadi pertanyaan penulis adalah “Apakah jawaban yang didapat manusia atas pertanyaannya bisa benar? Apakah manusia merasa puas dengan jawabannya?”.

Sebagai seorang muslim, tentu kita meyakini bahwa Al-Qur’an dan As-Sunnah adalah sumber kebenaran utama atas berbagai pertanyaan manusia. Al-Qur’an sudah memberikan garis-garis besar kebenaran, tinggal bagaimana manusia mampu menggunakan akal, indra, dan hati nuraninya untuk mendapatkan serta membuktikan kebenaran Al-Qur’an. Kita tahu betapa banyak para ilmuwan yang masuk Islam karena kagum dan membuktikan sendiri kebenaran Al-Qur’an dan As-Sunnah secara ilmiah. 

Kita juga bisa menyaksikan secara akademis, bagaimana Al-Qur’an diperbandingkan dengan kitab suci agama lain, betapa Al-Qur’an telah membuktikan kebenarannya. Sesungguhnya Al-Quran ini memberikan petunjuk kepada jalan yang paling lurus (Al-Israa’: 9). Dan betapa Al-Qur’an telah membuka mata dan telinga kita atas kekeliruan agama lain. Dialah yang telah mengutus Rasul-Nya dengan membawa petunjuk (Al-Quran) dan agama yang benar untuk dimenangkan-Nya atas segala agama (At-Taubah: 33).

Kita berdoa mudah-mudahan banyak di antara manusia yang memperoleh cahaya hidayah dari Allah, mudah-mudahan banyak di antara manusia yang memperoleh hidayah melalui kebenaran Al-Qur’an dan As-Sunnah, mudah-mudahan banyak di antara manusia yang tergerak hatinya untuk memeluk agama Islam melalui keindahan dan kemuliaan agama Islam. Dan mudah-mudahan banyak di antara kaum muslimin yang menjadi sadar untuk melaksanakan ajaran Islam secara kaffah. Bukankan Al-Qur’an banyak mengajukan pertanyaan, “Apakah mereka tidak berpikir?” (Al-Baqarah: 44). Maka apakah mereka tidak memperhatikan Al-Quran ataukah hati mereka terkunci? (Muhammad: 24).


Tadabbur surah An-Naba' ayat 1

Tidak ada komentar:

Posting Komentar