Rabu, 14 Januari 2015

Kuliah Pelatihan Adaptif

Prakata

Pada waktu kuliah semester tiga, penulis sempat mendapat materi kuliah Pelatihan Adaptif dari Prof. Sukadiyanto. Akan tetapi, beliau mengajar kelas kami hanya beberapa kali saja, karena minggu-minggu berikutnya hingga semester tiga berakhir, kuliah Pelatihan Adaptif dilanjutkan oleh dosen lain. Hal ini bisa dipahami, karena Prof. Sukadiyanto adalah dosen yang cukup sibuk dan sudah banyak mata kuliah yang diampu oleh beliau.

Di samping itu, sebenarnya beliau juga tidak terlalu suka dengan mata kuliah baru ini. Hal ini terlihat ketika beliau mengajar kelas kami di awal-awal pertemuan, beliau sering mengkritik dan mengatakan ketidaksetujuannya dengan program baru mata kuliah Pelatihan Adaptif. Akan tetapi, karena satu atau lain alasan, akhirnya beliau mau juga mengampu mata kuliah ini. Beliau sering mengatakan, mata kuliah Pelatihan Adaptif tidak penting bagi mahasiswa PKO, karena fokus mahasiswa kepelatihan itu untuk melatih anak-anak normal bukan yang berkebutuhan khusus, melatih yang normal saja sulit apa lagi yang berkebutuhan khusus.

Akan tetapi, karena sudah menjadi keputusan fakultas, akhirnya launching juga mata kuliah ini, dan kebetulan angkatan kami (2010) yang pertama kali mendapat mata kuliah ini. Lalu kenapa yang ditugasi Prof. Sukadiyanto? Menurut penuturan beliau, karena dosen lain tidak ada yang mengiyakan alias menyanggupi, dan karena dorongan dekan, terpaksa beliau menyanggupinya.

Setelah beberapa kali pertemuan, beliau tidak mengajar kami lagi dan sepenuhnnya diserahkan ke dosen yang lain, dosen penggantinya masih muda, wanita, dan mungkin juga belum terlalu banyak pengalaman. Sudah bisa ditebak, materi yang disampaikannya terasa hambar, kurang jelas, tidak mendalam, dan masih terlihat kesulitan dalam menjelaskan. Tetapi kami semua  maklum, ini mata kuliah baru, dosen penggantinya pun masih muda, wanita pula. Jelas tidak adil jika disejajarkan dengan Sang Guru Besar.

Kendati demikian, penulis sempat mencatat materi kuliah Pelatihan Adaptif sewaktu diajar Prof. Sukadiyanto. Meski hanya sedikit yang tercatat, sangat sedikit, tapi mudah-mudahan bermanfaat, berikut catatannya.

A. Pengertian Pelatihan Adaptif

Pengertian adaptif adalah penyesuaian, modifikasi, khusus, terbatas, korektif, remedial.

Pelatihan adaptif adalah program latihan yang disesuaikan dengan kebutuhan perorangan, karena ketidakmampuan fisik seseorang, baik yang sifatnya sementara ataupun permanen, dengan tujuan untuk meningkatkan kebugaran jasmani melalui aktivitas fisik.

B. Tujuan Pelatihan Adaptif

Tujuan mempelajari pelatihan adaptif bagi para pelatih adalah untuk membantu ABK meningkatkan kebugaran jasmaninya yang sekaligus membantu memperpanjang usianya, serta mendorong ABK agar mampu mandiri dalam menjalankan aktivitas sehari-harinya. 

Anak berkebutuhan khusus (heward) atau biasa disingkat ABK adalah anak yang berbeda dengan anak-anak pada umumnya dengan ciri khusus tertentu.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar