Selasa, 13 Januari 2015

Relasi antar Institusi Sosial

A. Institusi Sosial / Pranata Sosial:
  1. Kinship (keluarga)
  2. Religi (agama)
  3. Education (pendidikan)
  4. Economy (ekonomi)
  5. Politik
B. Keterkaitan Secara Makro antar Institusi Sosial

Institusi sosial pertama yang bersentuhan dengan kehidupan seseorang adalah kinship, yakni institusi dalam keluarga. Dari keluarga inilah seseorang memperoleh education, yakni pendidikan pertama dari masa kanak-kanak hingga menginjak usia remaja atau dewasa. Akan tetapi, seseorang tidak hanya memperoleh pendidikan dari keluarga saja, tentunya ia akan mendapatkan pendidikan dari luar keluarga, entah itu dari sekolah, lingkungan, maupun pergaulan.

Kemudian dalam dunia pendidikan, khususnya sekolah atau lembaga pendidikan yang lain, baik yang formal, informal, maupun non-formal, akan diajarkan berbagai aspek dalam kehidupan, salah satunya religi. Dari sini seseorang akan memperoleh tambahan pengetahuan tentang aspek religi atau agama, yang sebelumnya pengetahuan religi didapat dari keluarga, tentu saja jika keluarga tersebut menanamkan nilai-nilai religiusitas semenjak kecil.

Kemudian seiring dengan berkembangnya tingkat pengetahuan dan pemikiran seseorang yang dipengaruhi oleh berbagai hal, ia mulai mengetahui tentang ekonomi, baik kondisi ekonomi keluarga, daerah, bahkan negara. Aspek ekonomi ini tidak bisa dilepaskan dari politik, keterkaitan antara keduanya sangatlah erat. Seperti kita ketahui bahwa kebijakan politik sedikit banyak akan berdampak atau berpengaruh pada perekonomian bangsa. Misalnya kebijakan pemerintah dalam menetapkan harga BBM, entah itu menaikkan atau menurunkan harga, tentunya akan berdampak pada harga-harga barang yang lain. Jadi, secara tidak langsung jelas akan mempengaruhi kondisi ekonomi masyarakat. 


By Rihan Musadik 
Tugas mata kuliah Sosio-Antroplogi Pendidikan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar