Kamis, 12 Desember 2013

Badan-Badan Tinju Dunia / Organisasi-Organisasi Tinju Dunia

Oleh: Rihan Musadik

Organisasi-organisasi tinju profesional tingkat dunia atau sering disebut badan tinju dunia, asosiasi, ataupun federasi tinju dunia, sangat banyak versinya. Masing-masing badan tinju dunia tersebut mengeluarkan gelar juara menurut versinya dengan aturan serta klasifikasi berat badan yang berbeda-beda. Kendati untuk rules dan klasifikasi kelas (berat badan) sebenarnya hampir sama dengan badan tinju yang lain, perbedaannya hanya terletak pada nama kelas. Sedangkan untuk organisasi tinju amatir tingkat dunia, induk organisasinya yaitu AIBA (Amateur International Boxing Association).

Dari hasil browsing di dunia maya, saya mendapatkan ada 22 Badan Tinju Dunia, tetapi seperti yang kita tahu—khususnya para pengamat tinju—badan tinju dunia yang paling populer dan boleh dikatakan berkelas serta cukup lama aktif di kancah tinju profesional dunia hanya ada empat, yaitu: WBA, WBO, WBC, dan IBF. Selebihnya adalah badan tinju dunia yang tergolong baru lahir belakangan, ataupun sudah lama tetapi kurang dikenal oleh masyarakat penggemar tinju dunia.

Bahkan penulis mengira, badan-badan tinju dunia yang tidak familiar itu sudah collapse, karena di official website-nya tersebut banyak sekali yang vacant title (kekosongan gelar), atau malah jangan-jangan itu hanya sekedar website professional boxing saja yang sengaja nampang, tapi rasa-rasanya juga tidak mungkin kalau website professional boxing yang akan penulis sajikan hanya sekedar nampang di dunia maya.

Akan tetapi, setidaknya badan-badan tinju profesional dunia yang akan penulis suguhkan ini ada data alamat web-nya. Beberapa ada yang terdaftar di boxrec.com, sementara ada juga yang tidak terdafar di situs boxing records tersebut. Lagi pula tinju profesional sangat erat kaitannya dengan bisnis, karena itu tidak heran banyak sekali promotor-promotor tinju profesional dan juga versi badan tinju dunia yang ada di level world. Berikut ini adalah 22 Versi Badan Tinju Profesional yang bertingkat dunia atau internasional:

WBA     =   World Boxing Association
WBC     =   World Boxing Council
WBO     =   World Boxing Organization
WBF     =    World Boxing Foundation
WBFed. =   World Boxing Federation
WBU     =   World Boxing Union

WPBF   =   World Profesional Boxing Federation
WPBO  =    World Professional Boxing Organization

IBF        =   International Boxing Federation
IBO       =   International Boxing Organization
IBA       =   International Boxing Association
IBC       =   International Boxing Council
IBU       =   International Boxing Union

UBA     =   Universal Boxing Association
UBO     =   Universal Boxing Organization
UBF      =   Universal Boxing Federation
UBC     =   Universal Boxing Council

GBC     =   Global Boxing Council
GBU     =   Global Boxing Union
GBO     =   Global Boxing Organization
GBA     =   Global Boxing Association
GBF     =    Global Boxing Federation

Sedangkan untuk badan-badan tinju atau organisasi-organisasi tinju yang ada di Indonesia dapat dibedakan menjadi dua, yakni: tinju amatir dan tinju profesional. Untuk tinju amatir dengan induk organisasinya, yaitu Pertina (Persatuan Tinju Amatir Indonesia). Kemudian untuk organisasi tinju profesional yang ada di Indonesia  ada empat, dan keempatnya terdaftar di boxrec.com, yaitu:

KTI    =   Komisi Tinju Indonesia
KTPI  =   Komisi Tinju Profesional Indonesia
ATI    =   Asosiasi Tinju Indonesia
FTI    =   Federasi Tinju Indonesia

3 komentar:

  1. Wow, pelelangan sarung tinju dari petinju profesional legendaris Muhammad Ali telah berlangsung. Menurut http://bit.ly/1lmPDCt sarung tinju tersebut laku terjual setelah pelelangan yang berlangsung Ahad tanggal 23 Februari sukses dihelat.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Laku brp sob? pnya Chris John kpn dilelang, petinju legendaris Indonesia lho...

      Hapus