Prakata
Pada waktu
kuliah semester tiga, penulis sempat mendapat materi kuliah Pelatihan Adaptif
dari Prof. Sukadiyanto. Akan tetapi, beliau mengajar kelas kami hanya beberapa
kali saja, karena minggu-minggu berikutnya hingga semester tiga berakhir,
kuliah Pelatihan Adaptif dilanjutkan oleh dosen lain. Hal ini bisa dipahami,
karena Prof. Sukadiyanto adalah dosen yang cukup sibuk dan sudah banyak mata
kuliah yang diampu oleh beliau.
Di samping itu,
sebenarnya beliau juga tidak terlalu suka dengan mata kuliah baru ini. Hal ini
terlihat ketika beliau mengajar kelas kami di awal-awal pertemuan, beliau
sering mengkritik dan mengatakan ketidaksetujuannya dengan program baru mata
kuliah Pelatihan Adaptif. Akan tetapi, karena satu atau lain alasan, akhirnya
beliau mau juga mengampu mata kuliah ini. Beliau sering mengatakan, mata kuliah
Pelatihan Adaptif tidak penting bagi mahasiswa PKO, karena fokus mahasiswa
kepelatihan itu untuk melatih anak-anak normal bukan yang berkebutuhan khusus,
melatih yang normal saja sulit apa lagi yang berkebutuhan khusus.
Akan tetapi,
karena sudah menjadi keputusan fakultas, akhirnya launching juga mata kuliah ini, dan kebetulan angkatan kami (2010)
yang pertama kali mendapat mata kuliah ini. Lalu kenapa yang ditugasi Prof.
Sukadiyanto? Menurut penuturan beliau, karena dosen lain tidak ada yang
mengiyakan alias menyanggupi, dan karena dorongan dekan, terpaksa beliau
menyanggupinya.
Setelah beberapa
kali pertemuan, beliau tidak mengajar kami lagi dan sepenuhnnya diserahkan ke
dosen yang lain, dosen penggantinya masih muda, wanita, dan mungkin juga belum
terlalu banyak pengalaman. Sudah bisa ditebak, materi yang disampaikannya
terasa hambar, kurang jelas, tidak mendalam, dan masih terlihat kesulitan dalam
menjelaskan. Tetapi kami semua maklum,
ini mata kuliah baru, dosen penggantinya pun masih muda, wanita pula. Jelas
tidak adil jika disejajarkan dengan Sang Guru Besar.
Kendati
demikian, penulis sempat mencatat materi kuliah Pelatihan Adaptif sewaktu
diajar Prof. Sukadiyanto. Meski hanya sedikit yang tercatat, sangat sedikit,
tapi mudah-mudahan bermanfaat, berikut catatannya.
A. Pengertian Pelatihan Adaptif
Pengertian
adaptif adalah penyesuaian, modifikasi, khusus, terbatas, korektif, remedial.
Pelatihan
adaptif adalah program latihan yang disesuaikan dengan kebutuhan perorangan, karena ketidakmampuan fisik seseorang, baik yang sifatnya sementara ataupun
permanen, dengan tujuan untuk meningkatkan kebugaran jasmani melalui aktivitas
fisik.
B. Tujuan Pelatihan Adaptif
Tujuan
mempelajari pelatihan adaptif bagi para pelatih adalah untuk membantu ABK
meningkatkan kebugaran jasmaninya yang sekaligus membantu memperpanjang
usianya, serta mendorong ABK agar mampu mandiri dalam menjalankan aktivitas
sehari-harinya.
Anak berkebutuhan
khusus (heward) atau biasa disingkat
ABK adalah anak yang berbeda dengan anak-anak pada umumnya dengan ciri khusus
tertentu.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar