Jumat, 02 Juli 2010

Keutamaan Membaca dan Mempelajari Al-Qur'an

Rasulullah bersabda, “Siapa yang meletakan Al-Qur’an di hadapannya, maka Al Qur’an itu yang akan menariknya ke dalam surga. Dan barangsiapa yang meletakan Al-Qur’an itu di belakang punggungnya, maka Al-Qur’an itu yang akan mendorongnya kedalam neraka” (HR. Ibnu Hibban).

Rasulullah bersabda, “Sesungguhnya hati itu berkarat, dan sesungguhnya penjernihnya adalah membaca Al-Qur’an, ingat mati dan mendatangi majelis dzikir".

Rasulullah bersabda, “Barangsiapa membaca Al-Qur’an, maka dia telah membentengi dirinya dengan Allah. Barangsiapa membentengi dirinya dengan nama Allah, maka ia tidak akan diganggu oleh apa dan siapapun”.

Rasulullah bersabda, “Sungguh orang yang kosong dadanya dari Al-Qur’an, seperti puing-puing yang sepi dan menakutkan” (HR. Tirmidzi).

Rasulullah bersabda, “Sebaik-baik manusia di dunia ini adalah orang yang mempelajari Al-Qur’an dan mengajarkannya kepada orang lain” (HR. Bukhari).

Rasulullah bersabda, “Siapa yang ingin bercakap dengan Tuhannya, hendaklah ia baca Al-Qur’an”.

Bacalah Al-Qur’an dan menangislah, jika belum bisa menangis, maka bacalah seakan-akan menangis (Imam An-Nawawi dalam At-Tibbyan).

Rasulullah bersabda, “Hiasilah Al-Qur’an dengan suaramu yang baik. Bukan dari golongan kami orang yang tidak menghiasi Al-Qur’an dengan suara yang baik”.

Wajib mempelajari dan membaca Al-Qur’an karena:
  1. Termasuk salah satu rukun iman yang keempat, yaitu beriman kepada kitab-kitab-Nya (Zabur, Taurat, injil, dan yang paling sempurna ialah Al-Qur'an)
  2. Pedoman dan petunjuk hidup umat manusia khususnya umat Islam
  3. Allah dan Rasul-Nya memerintahkan
Cara membaca Al-Qur’an dengan khusyu':
  1. Membacanya dengan hati yang ikhlas
  2. Al-Qur’an itu firman Allah, bukan dari makhluk, tetapi dari Allah langsung yang ditujukan untuk kita
  3. Al-Qur’an itu ditujukan untuk kita
  4. Mentadabburi, menikmati keindahan lantunan ayat-ayat Allah
  5. Membaca dengan tartil (tajwid)
  6. Konsep ihsan, engkau beribadah kepada Allah seperti engkau melihat-Nya. Jika engkau tidak melihat-Nya, maka sesungguhnya Dia melihatmu.

Dari Berbagai Sumber

Tidak ada komentar:

Posting Komentar