Minggu, 14 September 2014

Tinjauan Biomekanika Teknik Dollyo Chagi (5)

C. Kesimpulan dan Saran 

Seiring dengan pesatnya perkembangan sains dan iptek (ilmu pengetahuan dan teknologi), berpengaruh pula pada dunia keolahragaan, dimana penerapan sains dan teknologi sudah banyak dilakukan di negara-negara maju. Salah satunya adalah penerapan mekanika, yaitu studi analisis tentang gerak suatu benda, yang akhirnya berkembang menjadi biomekanika, sebagai bidang ilmu aplikasi mekanika pada sistem tubuh manusia (anatomi).

Salah satu indikator keberhasilan taekwondoin dalam berlatih taekwondo adalah kemampuannya dalam melakukan berbagai jenis tendangan, karena tendangan merupakan gerakan yang menjadi ciri khas dan paling dominan digunakan dalam taekwondo, meskipun tetap menggunkan pukulan dan tangkisan. Apalagi bagi atlet poomsae, bentuk tendangan harus benar-benar luwes, dan terlihat indah, dan ini memerlukan keseimbangan, kelentukan, dan koordinasi serta dasar gerak yang benar, mulai dari ready position (sikap kuda-kuda) hingga follow through (posisi akhir). Untuk membantu menganalisis pelbagai gerakan taekwondo, dengan tujuan memperbaiki teknik atau performance, pelatih dapat mengaplikasikan biomekanika dalam taekwondo.

Sayangnya masih banyak pelaku olahraga di Indonesia, baik pelatih, guru penjas, maupun atlet, yang masih awam dengan konsep analisis gerak, khususnya penerapan biomekanika dalam dunia olahraga. Ditambah lagi minimnya pengetahuan teknologi olahraga, seperti software analisis gerak, yang bisa menganalisis gerakan sedemikian rupa dengan bantuan komputer yang memuat data tentang rumus-rumus mekanika. Untuk itu, seiring dengan berkembangnya sains dan teknologi kepelatihan, diharapkan para pelatih dapat menganalisis gerak sedemikian rupa, tidak hanya secara manual atau kasat mata, tapi juga mampu menganalisisnya secara visual dan modern. Sehingga baik atlet maupun pelatih dapat melihat secara langsung dan detail letak kesalahannya untuk selanjutnya bisa memperbaiki dan meningkatkan performa atau teknik atletnya. 


Daftar Pustaka 

Darajat KN, Jajat. 2001. “Analisi Bio-mekanika Softball”. Jurnal KONI Pusat.

Hariono, Awan. 2012. “Bahan Ajar Mata Kuliah Biomekanika”. Diakses dari http://staff.uny.ac.id tanggal 26 Desember 2012, pukul 17.10 WIB.

Kuntarti. 2003. “Biomekanika”. Diakses dari http://staff.ui.ac.id tanggal 27 Desember 2012, pukul 09.00 WIB.

Kurniawan, Faidillah. “Analisis Secara Biomekanika Teknik Gerak Serang Dalam Anggar”. Diakses dari http://staff.uny.ac.id tanggal 25 Desember 2012, pukul 17.09 WIB.

Nugroho, Sigit. 2011. “Materi Kinesiologi”. Diakses dari http://staff.uny.ac.id tanggal 25 Desember 2012, pukul 19.30 WIB.

Soedarminto. 1992. Kinesiologi. Jakarta: DEPDIKBUD DIRJEN DIKTI.

Subagyo dan Sigit Nugroho. 2011. Kinesiologi Pendidikan Jasmani. Yogyakarta: FIK UNY.

Penulis                    :  Rihan Musadik  
Dosen pengampu    :  Awan Hariono, M.Or.  
Mata Kuliah             :  Biomekanika Olahraga


Selesai.

2 komentar:

  1. salam hangat dari kami ijin informasinya dari kami pengrajin jaket kulit

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ya, semoga laris jaket kulitnya, barakallaahufiik,

      Hapus