Minggu, 16 November 2014

Berpenampilan Indah dan Menarik

  1. Rasulullah shallallahu’alaihi wasallam bersabda, "Jika kalian mendatangi saudaramu, maka perbaguslah kedatanganmu dan perbaguslah penampilanmu. Sehingga sosokmu bisa seperti tahi lalat di tengah manusia (menjadi pemanis). Sesungguhnya Allah ta'ala tidak menyukai hal-hal yang kotor dan keji" (HR. Imam Ahmad bin Hanbal).

  2. Dalam sebuah hadits yang diriwayatkan oleh Imam Muslim dari sahabat Abdullah bin Mas’ud radhiyallahu‘anhu bahwa ketika Rasulullah shallallahu’alaihi wasallam menjelaskan sifat sombong, ada seseorang yang bertanya, "Bagaimana dengan orang yang suka mengenakan pakaian dan sandal yang bagus?" Beliau menjawab, "Sesungguhnya Allah itu Maha Indah dan mencintai keindahan".

  3. Rasulullah shallallahu’alaihi wasallam bersabda, "Sesungguhnya Allah senang melihat nikmat-Nya dimanfaatkan oleh seorang hamba" (HR. Tirmidzi).

  4. Sahabat Malik bin Auf menceritakan bahwasanya Rasulullah shallallahu‘alaihi wasallam melihatnya mengenakan pakaian yang usang, maka beliau bertanya, "Apakah engkau memiliki harta?" Maka aku pun menjawab, "Benar Ya Rasulullah, aku memiliki banyak harta". Kemudian beliau menasihati, "Jika Allah mengaruniakan harta kepadamu, maka hendaknya terlihat tanda harta tersebut pada dirimu" (HR. Tirmidzi).

  5. Allah subhanahu wa ta'ala berfirman dalam Al-Qur'an surah Al-A'raf ayat 31 dan 32. Wahai anak Adam, kenakanlah pakaianmu yang indah di setiap (memasuki) masjid. Makan dan minumlah, janganlah berlebih-lebihan. Sesungguhnya Allah tidak menyukai orang-orang yang berlebih-lebihan. Katakanlah (wahai Muhammad), "Siapakah yang mengharamkan perhiasan dari Allah yang telah dikeluarkan-Nya untuk hamba-hamba-Nya dan siapa pula yang mengharamkan rezeki yang baik?

Tidak ada komentar:

Posting Komentar