Senin, 22 Juli 2013

Lomba TPA di Dusun Graulan

Giripeni, Graulan – Sabtu (13/7) pukul 09.30, lomba TPA di dusun Graulan bertempat di masjid Nurul Huda yang diikuti oleh 18 anak murid, dengan kategori lomba pada hari Sabtu, yaitu lomba praktek wudhu dan shalat, lomba hafalan surat-surat pendek, dan lomba hafalan doa sehari-hari.

Peserta lomba dari anak-anak TPA masjid Nurul Huda dan masjid Nurul Iman. Meskipun pada hari Sabtu tidak semeriah pada hari Minggu, dan hanya diikuti oleh 18 anak saja baik dari PAUD, TK, maupun SD; tetapi lomba dapat diikuti peserta dengan baik dan lancar. 

Tujuan lomba lebih kepada memberikan semangat kepada anak untuk terus belajar memperdalam agama, ini dapat dilihat ketika anak mengikuti lomba dan melakukan kesalahan, lalu juri langsung membenarkan sekaligus mengajarkan praktek lomba yang benar. Jadi, ada unsur edukasi dalam kegiatan lomba yang diadakan oleh KKN UNY 2013 kelompok 28 ini. Kendati demikian, kriteria penilaian tetap menjadi acuan untuk menentukan juaranya.

Pada hari Minggu (14/7), pukul 09.30 diadakan lomba mewarnai dan menggambar masih di tempat yang sama. Diikuti oleh 70 peserta dengan kategori usia PAUD, TK, SD kelas 1 dan 2, serta kelas 3 ke atas hingga kelas 3 SMP. Pada hari minggu ini, peserta memang sangat banyak, karena anak memang lebih senang dengan menggambar dan mewarnai.

Dibandingkan dengan hari Sabtu, yaitu lomba bertemakan agama Islam an sich yang hanya anak-anak tertentu saja yang mau mengikuti, sementara anak yang lain, entah dengan berbagai alasan enggan untuk ikut lomba wudhu, shalat, hafalan doa, dan surat pendek; baik karena alasan tidak bisa, malas, dan sebagainya.

Di samping itu, hari Minggu juga sekaligus ada lomba adzan di jam yang sama, sementara sore harinya jam empat, diadakan lomba Cerdas Cermat Agama, untuk juri lomba dari KKN UNY dan guru-guru TPA setempat. Kemudian penyerahan hadiah akan dilaksanakan pada hari Rabu (23/7) di masjid Nurul Iman sekaligus diisi dengan pengajian anak-anak TPA yang akan diisi oleh Ustadz Sunardi, serta acara buka bersama atau tajilan. (RM).

1 komentar:

  1. @Rihan Musadik.... wah kayaknya asyik ya KKN nya....bisa dapat pengalaman yg berharga dan mencerahkan.....*jadi kepengin deh KKN hehehe :-)

    BalasHapus