Senin, 02 September 2013

Malam Perpisahan KKN UNY Kelompok 28 dengan Warga Dusun Graulan

Tepat malam Minggu (31/8/2013), KKN UNY kelompok 28 yang ditugaskan di dusun Graulan mengadakan perpisahan dengan warga dusun Graulan. Undangan dilakukan secara terbuka lewat pengeras suara di masjid Nurul Huda pada ba’da ashar dan ba’da maghrib. Acara berlangsung di halaman koperasi sebelah utara masjid Nurul Huda pada pukul 20.00 sampai pukul 22.00 WIB. Acara perpisahan ini dibantu oleh pemuda Karangtaruna Marsedes.

Acara berlangsung sangat sederhana dengan menggelar tikar di halaman, dan memasang lampu di sekitarnya, serta di depan ada layar proyektor untuk pemutaran foto selama KKN berlangsung. Meskipun undangan hanya dilakukan lewat pengeras suara, warga dusun tetap banyak yang menghadiri, begitu juga tokoh-tokoh masyarakat dusun Graulan.

Susunan acara dimulai dengan sambutan oleh Aan Dwi Nurcahyo selaku Ketua KKN kelompok dusun Graulan, dalam sambutannya Aan mengutarakan ucapan terima kasih dan permohonan maaf pada segenap warga dusun Graulan. “Saya mewakili teman-teman KKN menyampaikan banyak ucapan terima kasih, karena diterima dengan baik di dusun Graulan yang kita cintai ini. Kami merasa seperti sudah menjadi warga dusun Graulan, kami sangat senang karena bisa memperoleh keluarga baru, saudara baru di dusun Graulan. Perpisahan ini bukanlah perpisahan yang sesungguhnya, harapan kami semoga hubungan kekeluargaan kita akan tetap terjalin, saling mengabari, saling bersilaturahmi satu sama lain,” ujarnya.

“Mungkin masih banyak program-program kami yang tidak sepenuhnya maksimal, dan juga banyak program dari para warga yang tidak bisa kami penuhi semuanya, kami mohon maaf yang sebesar-besarnya,” lanjutnya.

Lalu sambutan Bapak Nuryono selaku Kepala Dusun Graulan, beliau mengatakan,”Teman-teman KKN telah berhasil membaur dengan warga, bahkan saya sendiri tidak bisa membedakan mana yang KKN, mana yang warga dusun Graulan. Bila mungkin ada kesalahan kami maafkan, kami juga minta maaf jika selama KKN banyak kekurangan di dusun Graulan ini,” tandasnya.

Kemudian dilanjutkan menikmati hidangan yang disediakan KKN dan Karangtaruna sambil melihat beberapa foto dokumentasi KKN dengan warga dusun Graulan. Para warga terlihat senang, khusunya para pemuda dan anak-anak terlihat gembira melihat beberapa foto ketika jalan sehat dalam rangka HUT RI beberapa waktu lalu. Setelah itu acara dilanjutkan dengan ucapan pesan dan kesan dari masing-masing individu kelompok KKN di Graulan. Pesan dan kesannya hampir sama, yaitu ucapan terima kasih dan permohonan maaf.

Salah satu anggota KKN, yaitu Rihan Musadik mengatakan,”Secara jujur saya sangat senang, bahagia, dan gembira bisa KKN di dusun Graulan ini. Secara pribadi saya mengucapakan banyak terima kasih atas sambutan dan sikap baik para warga, pemuda-pemuda yang juga baik, adik-adik yang juga baik dan menyenangkan. Kemudian wabil khusus saya mengucapakan terima kasih kepada Ibu Rohyanti dan keluarga yang telah memberikan kasih sayangnya dan pelayanannya. Bagi saya bisa tinggal di rumah Ibu Rohyanti lebih dari sebuah hotel,” katanya disambut tepuk tangan teman-teman KKN dan beberapa warga.

“Secara pribadi saya juga mohon maaf yang sebesar-besarnya jika selama KKN ini banyak melakukan kesalahan kepada bapak dan ibu, baik kesalahan yang saya sengaja maupun yang tidak saya sengaja”, lanjutnya. Bahkan ada beberapa teman KKN yang terlihat menangis sedih ketika menyampaikan pesan dan kesannya, karena sebentar lagi akan pulang ke tempat masing-masing dan berpisah dengan dusun Graulan ini.

Setelah itu acara dilanjutkan dengan sepatah dua patah dari warga yang ingin mengucapkan perihal KKN di dusun Graulan ini. Pertama, Bapak Jumantoro selaku tokoh masyarakat dusun Graulan yang memberikan nasihat dan wejangannya pada teman-teman KKN, serta membuat suasana menjadi meriah. Kemudian Mas Anto, mantan Ketua Karangtaruna Marsedes juga ikut menyampaikan komentarnya.

Acara dilanjutkan dengan pemutaran movie maker, lebih tepatnya pemutaran sebagian foto selama kegiatan KKN berlangsung dengan warga. Bapak-bapak, ibu-ibu, para pemuda, dan anak-anak terlihat sangat antusias melihat pemutaran foto, sesekali mereka tertawa karena ikut terdokumentasi dalam pemutaran foto-foto tersebut.

Secara keseluruhan acara berjalan dengan khidmat dan lancar, ada tawa dan canda, sedih dan haru, karena sebentar lagi KKN akan check out meninggalkan dusun Graulan. Acara diakhiri dengan berjabat tangan dengan para warga yang hadir. (RM).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar